KM-HSS Malang Peduli: Penggalangan Dana untuk Korban Bencana Banjir Jabodetabek



Memasuki tahun  2020, Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan lebat yang mengakibatkan terjadinya banjir di sejumlah titik wilayah Jabodetabek dan Banten. Terdapat begitu banyak kerugian yang dialami warga terkait mulai dari material hingga merenggut korban jiwa. BNPB mencatat hingga hari Sabtu, 4 januari 2020 sudah terdapat 53 korban jiwa akibat dari bencana yang terjadi. Ribuan warga mengungsi di titik-titik pengungsian yang telah disediakan pada setiap kabupaten maupun kecamatan 
Kejadian ini menggerakkan anggota-anggota KM-HSS wilayah Malang untuk ikut serta membantu saudara-saudara di Jakarta yang mengalami bencana tersebut. Langkah yang diambil adalah dengan melakukan penggalangan dana di Car Free Day (CFD) Jalan Ijen Malang pada hari Minggu 5 Januari 2020. Selain melakukan penggalangan dana di CFD, KM-HSS wilayah Malang juga menfasilitasi masyarakat umum dengan membuka donasi online (transfer). Kegiatan KM-HSS Peduli ini diikuti kurang lebih 25 anggota KM-HSS wilayah Malang yang turut berpartisipasi. Kegiatan berlangsung dari pukul 08.30 – 09.30, setiap anggota yang ikut berpartisipasi membawa satu buah kardus sebagai tempat untuk melakukan penggalangan dana secara berkeliling.



Tak hanya berkeliling bersama, beberapa anggota KM-HSS wilayah Malang juga memberikan persembahan lagu untuk lebih menghidupkan suasana dan menarik orang lain yang berjalan melalui titik penggalangan dana. Beberapa anggota yang bernyanyi menyumbangkan lagu adalah Muhammad Syahirul Alim, Fajriansyah, Muhammad Fikry Fadhillah dan anggota lainnya.
Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kesadaran sosial serta sebagai media untuk membantu meningkatkan kepekaan terhadap isu-isu lingkungan serta sosial bagi setiap anggota KM-HSS wilayah Malang. Adapun jumlah dana yang terkumpul dari kegiatan KM-HSS peduli di CFD Ijen Malang sebesar Rp.443.800.- yang selanjutnya akan diserahkan pada Sekertaris umum KM-HSS wilayah Malang untuk dilanjutkan penyerahan total dana yang terkumpul (tambahan donasi di luar kegiatan penggalangan dana) kepada Lazizmu Jabodetabek.










You Might Also Like

0 comments