Yuk Meluncur Malang!




KM-HSS Wilayah Malang yang anggotanya didominasi oleh mahasiswa/i yang berkuliah di berbagai perguruan tinggi di Malang menjadi penggerak utama untuk meneruskan jalannya dan memberikan gambaran pada adik-adik yang masih bersekolah di tingkat SMA/Sederajat terkait perkuliahan yang mereka jalani saat ini. Kegiatan sosialisasi perguruan tinggi ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh KM-HSS Wilayah Malang yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan minat berkuliah di kalangan anak SMA/Sederajat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, serta memberikan pengetahuan terkait perguruan tinggi yang ada di Malang.
Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa/i kelas 12 SMA/Sederajat yang bersekolah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Terdapat beberapa sekolah yang berhasil dikunjungi oleh KM-HSS Wilayah Malang untuk berbagi pengetahuan yaitu di antaranya, SMAN 2 Kandangan, MAN 2 Hulu Sungai Selatan, SMAN 1 Kandangan, SMAN 1 Angkinang, SMAN 3 Kandangan, Pondok Pesantren Ibnu Mas’ud Putri, dan SMKN 1 Daha Selatan. Total sekolah yang berhasil dijangkau adalah sebanyak 7 sekolah.
Kegiatan yang diketuai oleh Muhammad Ferry Fernanda ini berawal pada tanggal 18 Januari 2020 hingga 28 Januari 2020. Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah diawali dengan perkenalan tiap-tiap anggota KM-HSS wilayah Malang yang berhadir. Selanjutnya, memasuki materi tentang dunia perkuliahan, jenis-jenis perguruan tinggi, serta penjelasan terkait jalur-jalur masuk PTN/PTS. Sehubungan dengan kegiatan ini yang dibawakan langsung oleh KM-HSS Wilayah Malang tanpa mewakili satu kampus tertentu sehingga penjelasan yang diberikan cukup umum, namun tidak lupa memfasilitasi siswa/i SMA/Sederajat dengan memberikan tautan-tautan beberapa kampus yang ada di Malang baik PTN maupun PTS.
Rangkaian selanjutnya adalah memperkenalkan organisasi KM-HSS Wilayah Malang, mulai dari menceritakan sejarah terbentuknya, memperkenalkan agenda-agenda yang biasa dilakukan, serta memberikan informasi terkait asrama yang dimiliki. Pemutaran video-video kegiatan yang pernah KM-HSS Wilayah Malang lakukan guna memberikan gambaran keseruan-keseruan apa saja yang akan didapatkan jika ikut bergabung bersama dalam organisasi ini. Selanjutnya, siswa/i SMA/Sederajat juga diberikan informasi terkait pentingnya memilih Malang sebagai tujuan untuk melanjutkan pendidikan. Kegiatan ini diakhiri dengan melakukan sesi tanya jawab terkait apa saja yang berhubungan dengan perkuliahan.
Antusias yang dirasakan pada setiap sekolah masing-masing berbeda, terdapat sekolah yang begitu antusias dan semangat bertanya namun juga terdapat beberapa yang kurang begitu berani untuk bertanya. Selain dari mengadakan sesi tanya jawab, anggota KM-HSS Wilayah Malang juga mengadakan diskusi ringan atau lebih merinci jika siswa kurang berani bertanya langsung di dalam forum.
Adapun langkah selanjutnya dari kegiatan ini adalah dengan membentuk grup yang berisikan seluruh siswa yang sekolahnya telah dikunjungi oleh KM-HSS Wilayah Malang yang berminat untuk melanjutkan studinya ke Malang dan diisi oleh beberapa anggota KM-HSS Wilayah Malang sebagai fasilitator bagi mereka yang ingin bertanya. Grup yang dibentuk ini diharapkan menjadi tempat untuk melakukan follow up terkait siapa saja siswa/i yang akan ikut bergabung berkuliah di Malang yang nantinya akan lebih lanjut dibantu saat melakukan proses pendaftaran.

dokumentasi kegiatan
 








 

You Might Also Like

0 comments